Jumat, 25 Juli 2014

Tips Mahasiswa Matematika Keren 2

SalamMatemasiswa…!
Ketemu lagi nih ama mimin. Gimana Tips Mahasiswa Matematika Keren sebelumnya, bermanfaat gak?
Masih ada tips lainnya lhoo. Kalian pada penasaran gak?
Apa?!! Gak peasaran?!! Yaudah gak usah dibahas L *nangis*
Oya, mimin kan lagi puasa, gak boleh manyun and marah-marah yaa… Kalo gitu, mimin lanjut deh tips lainnya. Siaaaaap?! Let’s enjoy this site…



Berorganisasi dan perbanyak jaringan (networking)
Mahasiswa gak hanya sekedar datang ke kampus, lalu pulang. Biasa sih mimin nyebut mereka dengan “Kupu-Kupu Malam”. Kuliah-Pulang Kuliah-Pulang Malam-Malam. (mimin kuliahnya sore hingga malam soalnya).
Braaay, berorganisasi itu penting. Ada banyak hal yang gak kalian pelajari di kelas, tapi kalian pelajari di organisasi. Banyak banget manfaatnya. Kalian bisa menjadi lebih mandiri, bertanggung jawab, tangguh, cakap, berani, kreatif, percaya diri, aktif bersosialisasi, kritis, pintar manajemen waktu, banyak teman, dan lain sebagainya yang gak bisa disebutkan satu per satu. Sekali lagi, berorganisasi itu penting.
Kita pun akan memiliki akses atau jaringan yang lebih luas dengan mengenal teman-teman organisasi lain, baik dari dalam kampus maupun kampus lain. Dengan banyak teman, akan memberi manfaat kepada kita, misalnya saling berbagi informasi beasiswa, pekerjaan, sharing beberapa mata kuliah, jalin silaturahim, dan bahkan nyari jodoh pun bisa. Mimin punya pacar yaa dari organisasi. Hehehehehehe..
Terus terang, mimin  bisa kayak gini yaa karena organisasi. Mimin dapet kerjaan ngajar di sekolah, les privat, hingga bimbel pun dari organisasi. Banyak deh manfaatnya. Minat? PM me… (emang promosi di BB?)

Ikut Seminar, Workshop, Diskusi Ilmiah, Bedah Buku, Lokakarya, dan Kegiatan Ilmiah lainnya
Selain belajar di kelas dan di kelompok-kelompok organisasi, terkadang di kampus ada beberapa event yang diadakan oleh BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) atau UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) seperti seminar pendidikan, seminar matematika, workshop dan pelatihan, bedah buku, talk show, dan kegiatan lainnya. Nah, dengan mengikuti kegiatan-kegiatan semacam itu, dijamin pengetahuan kalian bakalan bertambah deh. Tidak hanya itu, kalian juga bisa dapet sertifikat bergengsi, dan tak lupa dapet nasi kotak. Lumayan buat hemat pengeluaran anak kost. Pokoknya, kalo ada kegiatan-kegiatan semacam itu, jangan dihindari. Rugi… Kapan lagi kita akan banyak belajar kalo gak dimulai selagi muda? Ntar kalo udah tua, kita pasti males belajar. Makanya belajar lah dari sekarang. Manfaatkan waktu yang ada.
Oyaa, mimin kepengen juga lhoo ngisi2 kegiatan Himpunan Mahasiswa di kampus kalian. Tinggal tunggu calling ajeee... *promosi kan boleh?*

Mulailah mencari pekerjaan sampingan
Menjadi mahasiswa mendorong kita untuk lebih mandiri dan bertanggung jawab, termasuk dalam hal kebutuhan sehari-hari. Tentu, kita perlu yang namanya duit sebagai biaya hidup kita selama kuliah kan?. Lantas, gimana kalo duit cepet habis lantaran banyak pegeluaran makan, biaya kost, listrik, air, keperluan baju, peralatan  sehari-hari, dan perlengkapan kuliah; dsb?
Memang sih kita berharap kiriman duit dari orang tua tiap bulannya. Namun, apakah selalu meminta dan berharap kiriman? Braaay, belajar lah untuk survive. Mulailah mencari pekerjaan sampingan sebagai tambah-tambahan. Misal nih yang paling sederhana kalian bisa menjadi agen pulsa, kerja di kafe atau restoran, fotokopi, konter pulsa, nulis-nulis artikel, atau kalo kalian berani bisa tuh mulai membuka les privat dan ngelamar di tempat bimbel. Emang gak seberapa sih gajinya, tapi lumayan buat nambah-nambah. Selain itu, dengan bekerja juga akan menambah pengalaman kalian dalam menjalani getirnya hidup. Tunggu apa lagi, gak salah kok mahasiswa juga mencari sampingan pekerjaan. Apapun pekerjaannya, yang penting halal. Mimin pun kuliah sambil kerja kok, sampe sekarang malahan.
Oya, temen mimin malahan jualan madu di kelas. Dia gak malu tuh, dan bahkan ada pula yang jualan susu kedele dan obat-obatan herbal. Yaah, meski mereka sebagai agen, tapi setidaknya ia juga mulai belajar bertanggung jawab menjalani pekerjaan sebagai "latihan" tatkala memiliki tanggungan keluarga misalnya. So, gak usah minder.

Atur keuangan, kesehatan fisik dan rohani, serta kondisi lingkungan
Nah, sudah mimin singgung di point ke-8. Mahasiswa perlu mengatur keuangan dengan sangat hati-hati. Perlu diketahui, janganlah mementingkan gengsi. Cuek aja dengan teman-teman yang kerjaannya pamer sana-sini. Kalian jangan iri dengan mereka, lebih baik pamer kecerdasanmu ajee. Menjadi mahasiswa jangan boros-boros juga, braay.
Nah, tidak boros (hemat) berbeda lhoo dengan kikir. Jangan sampai juga karena kalian terlalu hemat, sampe-sampe gak makan, badan kurus kerempeng, dan menyebabkan kalian sakit. Itu mah menyiksa diri namanya. Tetap dijaga kesehatan fisik maupun mental kita. Makan makanan yang cukup, mandi jangan malas-malasan, pergi beribadah jangan dilupakan, mengaji, membaca, dan kegiatan positif linnya. Semua itu dapat terbentuk dan didukung oleh lingkungan yang sehat. Untuk itu, pilihlah lingkungan (teman-teman) yang sehat, yang mampu menentramkan jiwa ragamu. Jangan sampai kumpul-kumpul dengan lingkungan teman kita yang jorok, minum minuman keras, nonton bokep, dan perilaku tak sehat lainnya. Mending pilih lingkungan yang sehat.
Lingkungan dapat membentuk karakter seseorang, kan?

Susun dan aturlah jadwal (agenda) dengan rinci
Kesemua point di atas tidak dapat terlaksana jika kita tidak menyusun jadwal (agenda) kita dengan baik. Yaa, menjadi mahasiswa penuh dengan kesibukan lhoo. Untuk itu, kalian perlu menyusun dan merencanakan matang-matang agenda hari ini, besok, minggu depan, bulan depan, dan seterusnya. Kalian juga harus punya target. Misal dikasi tugas pada hari Senin, dan dikumpulkan Senin depan. Nah, ketika di kampus segeralah browsing2  cari refrensi untuk tugas itu. Selanjutnya cicil lah mulai hari Selasa hingga Kamis. Jum’at nya editing (perbaiki), Sabtu finishing (selesaikan), dan bisa di-print deh. Senin bisa kalian kumpulkan tuh. Seperti itu yang sering mimin lakukan.
Menyicil tugas satu per satu. Namun juga perlu diperhatikan skala prioritas lhoo. Tugas mana aja yang harus dikerjakan duluan?, tingkat kesulitan meramu bahan refrensi, ketersediaan sumber yang ada, batas waktu yang diberikan dosen, dan beberapa pertimbangan lain. Manejemen waktu kalian sangat penting. Cerdas-cerdaslah mengatur waktu. Jangan mau diatur waktu..!
Nah, dengan manajemen waktu yang baik, mimin yakin gak akan ada permasalahan yang kalian hadapi. InsyaAllah semua berjalan lancar. Presentasi, makalah, tugas-tugas, dan semuanya itu dapat terselesaikan tepat waktu. Di samping banyak tugas, mimin juga sempat twitter-an and buat naskah kan? Dan Alhamdulillah, naskah mimin diterima. Yeeey, mimin mau punya buku perdana nih. Ntar kalian beli yaa… Kumpulin duit dari sekarang deh...
Terakhir, lantas gimana dong kalo ada jadwal atau agenda dadakan?
Jangan bingung braaay, jika terjadi hal seperti itu, susun dan modifikasi ulang jadwal kalian yang telah ada. “hukumlah” diri kalian sebagai penebus kelalaian lantaran adanya agenda lainnya. Artinya, kalian juga perlu lebih cepat mengerjakannya. Jika target kalian ngerjain tugas dalam waktu 3 hari, namun dikarenakan ada agenda dadakan, mau gak mau target kalian harus menjadi 2 hari agar tugas tetap on time dikumpulkan.
Agak ribet sih nyusun jadwal. Namun sangat bermanfaat dan membuat hidup kita lebih terarah. Jika masih susah nyusun jadwal, yaudah kalian bisa kok buat jadwal di pikiran kalian masing-masing. Atur sedemikian rupa, miliki target, dan susun plan A, B, maupun C jika sewaktu-waktu ada hal yang tidak diinginkan. Kalian semua bisa kok mengatur waktu, percaya deh… Sekali lagi, jangan mau diatur waktu, tapi aturlah dia… Belajar manaejemen waktu dari sekarang yaaa…


Yaap, cukup 10 tips aja yang dapat mimin sampaikan. Semoga bermanfaat buat #SobatMath semua. Jika ada tambahan tips, monggo di-komen yaaah.. Mimin butuh tambahan dari kalian juga nih.
Semoga Tips Mahasiswa Matematika Keren dari mimin dapat memberikan gambaran kepada kalian yaa,.. Oya, jangan takut menjadi mahasiswa. Keep enjoy aja yaah…
And, mari ubah pola pikir (mind set) kalian dari sekarang…! Jangan jadi siswa lagi, tapi MAHAsiswa. Yaa, kalian udah berbeda dari sebelumnya.
Jadilah mahasiswa matematika yang keren yaaah…

SalamMatemasiswa,
Mimin kece
*kecup followers satu per satu*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar