Jumat, 08 November 2013

Tips Mahasiswa Matematika Keren


Salam Matemasiswa!
Ketemu lagi nih dengan mimin. Gimana kabar pacar kalian?. Yang jomblo pasti males ngejawab nih.
Minggu ini mimin gak #ShareMath dulu. Mimin banyak lemburan di sekolah. Mimin mau ngasih tips aja yaaaak, kali ini judulnya "Tips Mahasiswa Matematika Keren".
Nah, buat loe-loe pada yang mau kuliah di jurusan ini, ato yang udah kuliah di jurusan ini; kudu pantengin tips ala mimin ini. Semoga bermanfaat, cekidot :

Niat karena Allah semata
Seperti kata Nabi Muhammad saw, “segala sesuatu diawali dengan niat”. Jadi, dari awal kita harus ngelurusin niat kita. Jangan bengkok, apalagi ciut. Kita harus optimis dan yakin bahwa kita niat berkuliah di jurusan matematika semata-mata karena Allah, bukan karena pacar ato gebetan juga milih jurusan ini. And, niatkan pula untuk membuat ortu bangga. InsyaAllah lancar deh segala sesuatunya. Percayaalah…


Merenung sambil berbisik “aku salah jurusan gak sih?”
Ada kalanya pas kita udah masuk kuliah, terus kita ngelihat teman-teman kita tugasnya gak sebanyak kita. Lalu terlintas di benak kita “enak yaaa jadi mahasiswa jurusan X”.
Nah, itu tuh awalnya penyakit gak bersyukur. Kalian kudu merenung “aku salah jurusan gak sih?”.
Setelah merenung sejenak, lalu yakin dan jawablah “yaaap! Aku yakin dengan pilihanku kok, aku bahagia di jurusan matematika braaay”.
Jangan pernah mengeluh dengan membanding-bandingkan diri kita dengan orang lain. Barangkali mereka kepingin jadi kita? Bisa jadi toh? Hayooo

Belajar dengan giat & susun jadwal/agenda dengan rinci

Pastinya, kalo kalian udah jadi mahasiswa, harus lebih giat belajarnya. Tugas yang diemban gak seperti saat di bangku SMA, apalagi saat TK. Jauh banget!.
Perbanyaklah membaca. Selain itu, kita juga mesti nyusun jadwal/agenda harian kita. Misal nih, hari Senin diagendakan mau kuliah, ke perpus, ke warnet, ngedate, dan sebagainya. Selasa, maupun hari-hari selanjutnya begitu juga, agar apa yang kita jalani terjadwal. Ntar gak terasa kita bisa manajemen waktu dengan sendirinya.
Kalo pun ada agenda tak terduga (dadakan), segeralah susun ulang jadwal kita.
Jangan mau diatur waktu, tapi aturlah waktu! Okeeeh

Ikuti aturan dosen selama gak “menyulitkan” mahasiswa

Biasanya, dosen ngasi kontrak perkuliahan, tugas, deadline, dan sebagainya. Ikuti aturan tersebut selama gak “menyulitkan” kita.
Tapi, ada juga dosen yang semena-mena ngasi tugas yang bisa dibilang memberatkan mahasiswa lucu kaya’ mimin ini. Kalo udah begitu, protes atau mengkritisi dosen tersebut gak ada salahnya brader. Tunjukkan pula bahwa mahasiswa itu kritis, bukan siswa yang hanya nerima-nerima aja tugas dari guru.
Kalo dosen ngasi tugas beliin martabak ke rumahnya, jangan turuti beli martabak. Beliin ajeee gorengan. Biar dia tau rasanya jadi mahasiswa nge-kos. Hahahahahaha

Ngerjain tugas, aktif diskusi kelas, & on time ngumpulin tugas
Ini namanya play save (bermain aman). Mimin kasitau yaaak, salah satu cara ngambil hati dosen (selain ketampanan kita) tuh dengan rajin ngerjain tugas darinya, aktif di kelas kalo beliau bertanya, and on time juga ngumpulin tugas. Mimin jamin dapet A deh nilainya. Yaaaah minimal B kalo gak dapet A. Tapi kalo dapet E, tuh dosen pasti sentimen gara-gara istrinya loe godain. Hahahahahahah *becanda*

Organisasi
Gak hanya belajar di dalam kelas, jadi mahasiswa juga bisa belajar dimana-mana. Salah satunya dengan mengikuti organisasi. Kenapa? Ntar nilai kita jelek, gimana?.
Mimin kasitau yaaak, kalian jangan takut nilai mata kuliah kalian jelek lantaran ikut organisasi, bradeeer. Selama kalian bisa manajemen waktu dengan baik, insyaAllah kuliah kalian gak terbengkalai deh.
Buanyak banget hal-hal yang didapat di organisasi yang gak didapat ketika belajar di kelas. Banyak hal-hal baru yang akan kita temukan, seperti persaudaraan, beragam soft skill, percaya diri, kemampuan berargumentasi, tanggung jawab, dan sebagainya.

Diskusi atau ngobrol2 ringan dengan dosen, teman, atau siapapun

Selain nerima materi mulu, kita juga bisa diskusi ato ngobrol2 ringan dengan dosen di luar jam perkuliahan (asal si dosen gak sibuk aja sih). Ini bukan ajang cari muka, tapi niatkan bahwa kalian ingin belajar dari sang dosen tersebut. Dengan berdiskusi, cakrawala kita makin terbuka.
Kita pun akan sadar betapa luasnya ilmu pengetahuan ini. Percaya deh.
Selain dengan dosen, kita juga bisa ngajak diskusi dengan teman sekelas kita. Misal nih ngebahas tugas, permasalahan-permasalahan kampus, maslah korupsi, pacar yang jarang pulang, dan lain sebagainya. Apa gak keren tuh? Mahasiswa banget!

Ikut seminar, diskusi ilmiah, workshop, lokakarya, dan kegiatan ilmiah lainnya
Selain belajar melalui organisasi dan ngobrol ato diskusi dengan dosen, hal lain yang bisa nambah wawasan kita saat kuliah adalah ikut-ikut kegiatan seperti seminar, diskusi ilmiah, workshop, lokakarya, dan sebagainya. Gak nyesal deh ikut kegiatan gituan. Selain dapet ilmu yang bermanfaat dari para naarasumber, kalian juga bisa dapet nasi kotakan. Hahahahahaah, beneran deh *jiwa anak kost*

Mulai mencari kerjaan sampingan

Gak bisa dipungkiri, saat beranjak dewasa; pasti ada keinginan kita untuk menghasilkan duit hasil jerih payah kita sendiri (read: kerja). Mahasiswa kerja sampingan? Gak ada salahnya braaaay. Gak usah maluuuuu. Mereka yang kuliah sambil bekerja pasti memikul tanggung jawab yang lebih.
Kita patut mencontohnya, gak ada salahnya. Nambah-nambah pengalaman serta tanggung jawab loh. Selain itu, nambah duit di dompet juga. Malu dong kalo minta duit ortu mulu. Ya gak?.
Kita pun nantinya bisa jadi lulusan yang 'siap pakai', karena udah ada pengalaman kerja. Kereeeennn

Mulailah menabung

Kalo udah nyari pekerjaan sampingan, mulailah dari sekarang menyisihkan duit kita. Ditabung brader. Bukankah ada pepatah mengatakan “hemat pangkal kaya”?.
Sisihkan sedikit demi sedikit, yang penting rutin tiap bulan (selama belum di-PHK. Hahahahahaha).
Selain untuk dana cadangan kalo sewaktu-waktu ada biaya tak terduga, duit tabungan tersebut kan bisa buat modal nikah. Cieeeehhhh
Mempersiapkan segala sesuatunya dari sekarang, kenapa tidak?.



Maybe enough tips ala mimin. Kira-kira ada tambahan lagi gak? Yuukk berbagi. Silakan di-komen. Barangkali kalian punya tips lainnya.
Semoga bermanfaat! Jangan lupa follow @matemasiswa yaaaakkk....

SalamMatemasiswa,
Mimin kece

1 komentar:

  1. Bener banget min...
    Sangat membantu buat gue yang juga pengen ngelanjutin ke PTN 😊😊😊

    BalasHapus