Sabtu, 08 Februari 2014

Sulap Matematika



Salam Matemasiswa!
Ketemu lagi nih ama mimin yang ganteng abis (udah abis gantengnya -__-“ ). Lama nih mimin gak nge-post, gak ada yang kangen kah? :(
Mohon maaf mimin sibuk banget… Lagi urus perkuliahan...
Gimana nih kabar pacar kalian?. Yang jomblo pasti males ngejawab deh.... Oya, sebelum baca nih blog sederhana, jangan lupa follow @matemasiswa yaaaak…

Langsung ajaa yaaa, kali ini mimin akan posting tentang “Sulap Matematika”. Pada penasaran gak nih? Apa bener Matematika bisa dijadiin sulap? Ciyuuuss loe?
Baidewei, kalian inget Joe Sandy gak? Itu lhooo yang dulu sering nongol di acara The Master, yang sangat hebat and jago mempertunjukkan aksi-aksi sulap dengan permainan angka (re: matematika).
And kalian inget juga gak?, dia pernah memainkan sulap angka dengan menyusun angka-angka di dalam kotak (persegi) 4x4, dimana angka-angka dalam kotak tersebut tiap baris bila dijumlahkan akan memberikan hasil yang selalu sama, baik secara horizontal, vertikal, maupun diagonal. Inget gaaaak?



Eheeem…!
Mimin mau ceramah dulu...
Banyak orang beranggapan bahwa sulap Joe Sandy tersebut sangat sulit dipraktekkan bagi kita-kita. Adegan tersebut bener-bener membutuhkan keepatan berhitung otaknya. Harus yang ber-IQ tinggi. Ah masa iya sih?
Eiits, tunggu duluuu, sobat…
Ternyata, semua berkat matematika! Semua ada trik-nya. Mari mimin kasitau rahasianya… Mari kita bongkar!

Pertama-tama, kalian harus hapal & pahami konsep persegi ini :




Setelah hapal & paham, kita mulai pertunjukannya… Yeeeeeyyyy  ^,^
Gunakan rumus persegi di atas, dan mintalah penonton atau temanmu untuk menyebutkan 4 buah angka atau bilangan bulat (syarat: angka harus lebih dari 3 hingga seterusnya).
Misal penonton atau temanmu telah menyebutkan empat buah bilangan, yakni: 9, 13, 11, dan 20.
Anggap masing-masing bilangan tersebut sebagai A, B, C, dan D. Lalu tuliskan seperti gambar di bawah ini :



Pertunjukkan pun dimulai!
Sekarang giliranmu untuk melanjutkan mengisi baris 2, 3, dan 4 dengan hapalan rumus persegi tadi. Tapi gak boleh nyontek lhooo… Malu dong pesulap nyontek. Hihihihih….
Kalo sudah, jadinya seperti ini kan?




Jika kita jumlahkan tiap baris (secara horizontal), tiap kolom (secara vertikal), maupun secara diagonal pasti akan memberikan hasil yang sama.  Bener gaaaak? Udah dicoba?
Begitu pula jika kita jumlahkan seperti ini:







Naaah, sekarang giliranmu menggunakan angka atau bilangan lain yang lebih besar… Buat penonton atau temanmu penasaran.
Khusus yang cowok nih, tunjukkan ke cewek loee... Pasti ntar si do'i klepek-klepek. Heheheheheeh.
Sebenarnya masih banyak sulap matematika jika kita bener-bener mendalami. Untuk sementara, 1 trik ini ajee dulu yang mimin kasih. Selamat mencoba. Good luck..!
Bukan sulap, bukan sihir… Tapi MATEMATIKA….!


SalamMatemasiswa,
mimin kece

1 komentar:

  1. Wah..ternyata gitu. Trik sulap yang keren. :thumbsup: :) Ternyata pakai matematika, bisa segera dipraktekkan. :D Thanks for sharing this cool trick, mimin @matemasiswa!. :)

    BalasHapus